Otomotif

Produser Film Dokumenter Senna Bikin Serial F1

Kertasleces.co.id – James Gay-Rees adalah produser film dokumenter “Senna” (2010), berisi tentang perjalanan karier Juara Bumi Formula 1 (F1) tiga kali, Ayrton Senna. Karya ini memperoleh anugerah film dokumenter terbaik dari British Academy of Film and Television Awards (BAFTA).

Kekinian, James Gay-Rees menjadi produser eksekutif dengan Paul Martin–produser film dokumenter Diego Maradona (2019)–-untuk Box-to-Box Films.

Temanya, bukan sangat dari film dokumenter “Senna“, masih kental dengan aroma balap jet darat F1.

Ayrton Senna. (Youtube)
Ayrton Senna pada film dokumenter “Senna” dengan sutradara Asif Kapadia lalu produser James Gay-Rees . [screenshot YouTube]

Dikutip dari situs resmi Formula1.com, James Gay-Rees juga Paul Martin menyajikan film bertajuk Formula 1: Drive To Survive, sebuah film dokumenter F1 musim 2023.

Film Formula 1: Drive To Survive Season 6 akan segera dirilis Netflix kemudian tersedia di layanan streaming, bertepatan dengan hari terakhir pre-season test pada Bahrain International Circuit, 23 Februari 2024.

Disebutkan bahwa edisi terbaru dari seri yang digunakan sangat populer ini meminta para penonton ke lingkaran pada F1. Menyimak dengan segera segala lika-liku sebelum serta sesudah balapan, mulai driver sampai tim, di bersiap menyambut musim balap 2023.

Tontonan Formula 1: Drive To Survive direkomendasikan sebagai sajian ideal sebelum menonton seri perdana atau membuka balap F1 2024 pada Bahrain, sepekan pasca tayangan perdana film dokumenter ini (2/3/2024).

Para pebalap F1 memacu mobilnya selepas start di tempat Sirkuit Sakhir, Bahrain, Hari Minggu (31/3/2019). [AFP/Andrej Isakovic]
F1 GP Bahrain di tempat Sakhir Circuit. Sebagai ilustrasi [AFP/Andrej Isakovic]

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Formula1.com, James Gay-Rees menyatakan optimisme bahwa tayangan tentang F1 tadi akan datang terus berkembang.

“Sejujurnya, kami sangat bangga menjadi bagian dari serial ini. Juga puas menjadi yang digunakan pertama pada pembuatan film-film seperti ini, lalu menurut saya akan mempunyai efek sangat besar pada luar Inggris,” papar James Gay-Rees.

Menurutnya, statistik mengenai demografi generasi muda terus berubah, kemudian sulit bagi siapa pun, termasuk organisasi besar untuk masih bertahan mengingat banyaknya pilihan yang mana tersedia bagi konsumen.

“Sehingga dapat menyebabkan begitu sejumlah penonton baru ke sebuah olah raga adalah hal yang tersebut sangat memuaskan. Dan untuk melakukannya, membutuhkan seseorang untuk membuka kesempatan itu,” tambahnya.

James Gay-Rees juga menyatakan menjadi suatu kehormatan pula untuk menimbulkan film tentang balapan.

“Film ini adalah pertunjukan yang tersebut sangat sulit untuk dilakukan, tapi kami menyukai prosesnya, kami mencintai dunia balap. Semoga pembuatannya terus berlanjut!” pungkas produser berdarah Inggris yang mana mengantongi sederet penghargaan seperti Best Documentary and Outstanding British Film, juga Academy Award for Best Documentary Feature di tempat perhelatan Piala Oscar ke-88.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button