Bisnis

Profil Pendiri Friendster, Industri Media Sosial Legendaris Tahun 2000-an

Kertasleces.co.id – Industri Media sosial yang tersebut populer pada awal tahun 2000-an, Friendster, diisukan akan kembali dirilis pada waktu dekat. Hal ini dapat dipastikan lantaran laman resminya pada masa kini kembali dapat diakses.

Friendster pertama kali diperkenalkan terhadap rakyat pada bulan Maret 2003 oleh Jonathan Abram, orang programmer yang lahir di area Kanada.

Dari informasi yang dimaksud diambil dari profil LinkedIn-nya, pada waktu ini Jonathan bekerja sebagai pribadi insinyur, pengusaha, lalu investor. Dia telah dilakukan menghabiskan karirnya sebagai penasihat juga mentor bagi para entrepreneur lainnya, sambil memulai pembangunan teknologi yang bertujuan untuk menghubungkan orang-orang.

Diketahui bahwa Jonathan memulai karirnya pada tahun 1996 sebagai seseorang insinyur perangkat lunak senior di tempat Netscape.

Jonathan kemudian menjadi direktur senior teknik pada Bitfone pada tahun 2001, sebuah perusahaan infrastruktur perangkat lunak internet. Dalam waktu kurang dari setahun menjabat, Jonathan menciptakan Friendster, sebuah jaringan media sosial yang tersebut mendapatkan popularitas yang besar.

Namun, Jonathan hanya saja bekerja di dalam Friendster selama sekitar 4 tahun hingga 2005, dikarenakan pada tahun yang dimaksud ia mendirikan perusahaan baru bernama Socializr, sebuah situs web yang digunakan membantu orang pada merencanakan pesta kemudian berbagi informasi tentang acara tersebut.

Selanjutnya, ia  kembali ke peran sebagai penasihat di dalam lembaga lembaga pendidikan nirlaba CodeNow dari tahun 2012 hingga 2017.

Jonathan kembali terlibat sebagai penanam modal di tempat lebih lanjut dari 50 startup Amerika, termasuk AngelList, ClearTax, CoinList, Docker, Front, HelloSign, Instacart, Mixmax, Pachyderm, Republic, SafeGraph, Sense, Shortcut, Slideshare, Stream, serta Zeplin.

Pada tahun 2011, Jonathan turut mendirikan Founders Den, sebuah perusahaan yang digunakan menyediakan ruang kerja lalu komunitas bagi startup di area San Fransisco.

Kemudian, pada tahun 2012, ia mendirikan Nuzzel Inc, sebuah perusahaan yang dimaksud menyediakan layanan pencarian berita yang dimaksud digunakan oleh beberapa media terkemuka dalam Amerika Serikat.

Selain itu, Jonathan juga bergerak sebagai anggota majelis di dalam Girls in Tech, juga telah dilakukan menjadi mentor di area kelas kewirausahaan Steve Blank pada Stanford kemudian Berkeley, menjadi mentor senior di area Techstars lalu The Inisiator Institute, juga menjadi penasihat di tempat AngelList serta CodeNow.

Tidak hanya saja itu, Jonathan juga menjadi anggota komite penasihat di dalam Silicon Valley Association of Startup Entrepreneurs, menjabat sebagai salah satu ketua SDForum Venture Finance SIG, serta bertindak sebagai juri pada kontes perencanaan kegiatan bisnis Stanford Entrepreneur’s Challenge, UC Berkeley Business Plan Competition, juga Stanford-Berkeley Innovators’ Challenge.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button