Lifestyle

Profil Sri Mulyani, Diterpa Isu Mundur dari Kabinet Jokowi

Kertasleces.co.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menjadi sorotan belakangan ini pasca ia diisukan mundur dari kabinet pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Atas isu tersebut, Sri Mulyani pun mengungkap suara. Namun, Sri Mulyani tak sejumlah bicara. Ia sejumlah menyampaikan bahwa dirinya masih bekerja.

Kabar terkait dengan Sri Mulyani siap mundur yang disebutkan diungkap oleh ekonom senior dari Indef, Faisal Basri. Mulanya, Faisal mengaku bahwa ia mengundang beberapa jumlah menteri untuk mundur dari Kabinet Indonesia Maju oleh sebab itu Presiden Jokowi dianggap terkesan memihak terhadap pasangan calon Prabowo Subianto kemudian Gibran Rakabuming Raka.

Ia menyampaikan yang digunakan paling siap untuk mundur adalah Sri Mulyani juga Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Lantas, seperti apakah profil Sri Mulyani? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Sri Mulyani adalah wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menduduki jabatan sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan yang dimaksud diembannya mulai tanggal 1 Juni 2010.

Sebelumnya, ia menduduki jabatan sebagai Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu. Saat ia berkantor di area Kantor Bank Dunia, ia meninggalkan jabatannya sebagai menteri keuangan.

Sebelum menjabat sebagai Menteri Keuangan, ia tambahan dulu mengemban jabatannya sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dari Kabinet Indonesia Bersatu.

Wanita yang digunakan tambahan akrab dengan sebutan Mbak Ani ini merupakan ekonom yang tersebut kerap tampil di tempat panggung-panggung seminar. Ia juga merupakan pribadi dosen pada Fakultas Sektor Bisnis Universitas Indonesia (FE-UI) ini juga sempat bergerak menjadi penasehat pemerintah bersatu dengan sebagian ekonom terkemuka lainnya di wadah Dewan Kondisi Keuangan Nasional (DEN) pada era pemerintahan Abdurrahman Wahid.

Sri Mulyani dikenal miliki komentar kemudian analisisnya kritis, lugas, jernih dan juga juga populer. Ia merupakan primadona panggung seminar dan juga juga talk show di area televisi pada pada waktu itu.

Tak cuma itu, ia juga kerap muncul pada seminar-seminar, ia juga sempat berpartisipasi menjadi penasihat pemerintah dengan dengan beberapa ekonom terkemuka lain di wadah Dewan Sektor Bisnis Nasional (DEN) pada era pemerintahan Abdurrahman Wahid.

Ia juga pernah mengemban jabatan sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Kondisi Keuangan serta Publik Fakultas Perekonomian Universitas Indonesia (LPEM FEUI) sejak Juni 1998.

Pada tahun 2005 silam, pada waktu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan perombakan kabinet, Sri Mulyani dipindahkan menjadi Menteri Keuangan untuk menggantikan Jusuf Anwar.

Sejak tahun 2008, ia menduduki jabatan sebagai Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Area Perekonomian, pasca Menko Perekonomian Dr. Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia.

Karakternya yang dimaksud dikenal lugas juga cerdas mengantarkannya pada pergaulan yang digunakan luas. Sri Mulyani sejumlah disenangi oleh orang di area di dan juga luar negeri.

Oleh karenanya, tidaklah heran jikalau pada awal Oktober 2002 lalu ia terpilih menjadi Executive Director Dana Moneter Internasional (IMF) mewakili 12 negara di area Asia Tenggara (South East Asia/SEA Group) untuk menggantikan Dono Iskandar Djojosubroto. Ia menjadi perempuan pertama dari Indonesia yang menduduki sikap tersebut.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button