Bisnis

Proyek Makan Siang Gratis Utak-atik Dana BOS? Menko Airlangga Buka Suara

Kertasleces.co.id – Menteri Koordinator Sektor Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap ucapan persoalan inisiatif makan siang gratis yang dituding menggunakan anggaran Biaya Operasional Sekolah (BOS).

Airlangga pun menyangkal tudingan itu, ia bilang hingga ketika ini belum ada pembicaraan detail terkait acara tersebut.

“Sekali lagi kita baru bahas di APBN sesudah ada kebijakan dari KPU siapa pemerintah yang mana akan datang,” kata Airlangga dalam kantornya, Jakarta, Hari Jumat (8/3/2024).

Meski demikian Airlangga mengakui bahwa kegiatan janji kampanye Prabowo-Gibran yang dimaksud sudah ada masuk di Rencana Kerja otoritas (RKP) Tahun 2025.

Diketahui ketika ini Prabowo-Gibran sedang unggul di hitungan Real Count KPU dengan pereolehan ucapan mencapai 58%.

“Jadi kan kita terus-menerus sebut pemerintah yang akan datang sebab pengaplikasian APBN 2025 adalah pemerintah yang digunakan akan datang,” tegasnya.

Asal tahu hanya proses simulasi acara ini telah dijalankan beberapa sekolah untuk kegiatan makan siang gratis yang mana sudah ada berjalan sejak pada waktu ini, menurutnya dijalankan secara sukarela oleh sekolah-sekolah dalam berbagai wilayah.

Pemerintah menurutnya tiada menginisiasi, namun acara sukarela itu akan dijadikan acuan untuk mengawasi proses pelaksanaannya pada ketika pemerintahan baru nanti.

“Dari situ baru pemerintah bikin kebijakan lalu kebijakan itu baru disusun, tentu tugas Bappenas untuk menyusun, kemudian itu nanti di satu bulan ke depan dikarenakan APBN kan akan lebih tinggi detail lagi satu bulan ke depan,” ucap Airlangga.

Related Articles

Back to top button