Lifestyle

Psikolog Ungkap Smart Parenting Dapat Dicapai Dengan Hal-Hal Sederhana, Memang Manfaatnya Apa Aja?

Kertasleces.co.id – Smart parenting menjadi salah satu pola pengasuhan yang mana pada waktu ini diidamkan bagi sejumlah orang tua muda. Hal ini akibat smart parenting menyebabkan pola pengasuhan antara orang tua dan juga anak menjadi sangat lebih besar efektif dibandingkan biasanya.

Dengan smart parenting, hubungan atau ikatan antara anak kemudian orang tua khususnya ibu akan sangat lebih besar kuat. Ibu juga anak juga miliki ikatan emosional yang tersebut lebih tinggi baik. Selain itu, smart parenting ini akan menyebabkan anak tambahan merasa diidolakan serta dihargai oleh ibunya.

Praktisi Psikologi Anak Usia Dini, Aninda S.Psi, M.Psi.T. mengatakan, Smart Parenting akan menyebabkan Ibu juga menjadi bahagia dan juga memiliki emosi yang tersebut jarak jauh lebih besar baik. Hal ini akan membantu menciptakan berkembang kembang anak menjadi lebih lanjut baik secara fisik maupun mental.

Dalam menerapkan smart parenting, para ibu bisa saja mewujudkannya dengan berbagai hal-hal sederhana. Bahkan, interaksi-interaksi kecil yang tersebut dijalankan ibu dengan anak akan menciptakan dampak yang mana sangat baik bagi keduanya.

“Pada proses menyusui ada momen yang intens, yang mana melibatkan keterikatan emosional antara Bunda juga si kecil. Di momen yang dimaksud Bunda bisa saja sambil berdongeng, memperkenalkan benda di tempat sekitarnya, mengenal vegetasi atau hewan. Untuk itu, penting bagi Bunda memahami dan juga mengurus emosi dengan baik, merespons dengan tenang, sehingga terjalin interaksi positif di area setiap momen perawatan,” kata Aninda konferensi pers Baby HUKI, Rabu (7/2/2023).

Bukan cuma itu, smart parenting juga mampu diwujudkan dengan mencoba memahami perasaan anak. Ibu juga mampu memberikan dukungan-dukungan positif dan juga mementingkan keinginan dirinya sendiri. Pasalnya, pada proses pengasuhan, bukanlah semata-mata anak yang harus diperhatikan tapi juga orang tua itu sendiri.

“Smart parenting bisa jadi diwujudkan dengan mendengarkan dan juga memahami perasaan si kecil, memberikan dukungan positif, dan juga menjalani self-care. Langkah-langkah ini menjadi kunci untuk menciptakan kebahagiaan, tidak cuma bagi si kecil, tetapi juga bagi sang Bunda. Dengan merawat diri lalu memberi waktu untuk diri sendiri, orang tua dapat mencapai keseimbangan optimal antara peran sebagai orang tua juga keperluan individu mereka,” papar Aninda.

Manfaat Smart Parenting

1. Bagi anak

Bagi anak, smart parenting memberikan berbagai khasiat di area antaranya:

  • Perkembangan untuk anak menjadi lebih besar maksimal sesuai dengan usianya.
  • Anak dapat menunjukkan karakter dirinya terhadap ibunya sehingga bisa saja menjadi lebih tinggi paham.
  • Anak meningkat menjadi berjauhan lebih besar bahagia.
  • Memiliki IQ lalu EQ yang sangat jauh lebih tinggi baik.
  • Memiliki kedisiplinan yang baik sebab pengasuhan dari orang tuanya.

2. Bagi ibu

  • Stres yang mana dirasakan ibu sangat lebih lanjut berkurang lantaran berfokus pada perkembangan anak serta tidak ada membandingkan dengan sekitarnya.
  • Dapat mengetahui batasan sehingga anak tidak ada merasa terganggu.
  • Paham dengan keperluan diri sendiri sehingga sanggup mencapai hal-hal yang tersebut dibutuhkan pada waktu merawat anaknya.

Related Articles

Back to top button