Lifestyle

Punya Penampilan Mirip, Intip Perbedaan Karier Ivan Gunawan Vs Caren Delano

Kertasleces.co.id – Caren Delano menyatakan bahwa sebagai sesama pekerja seni, ia berada di area sisi Ivan Gunawan. Menurutnya, masing-masing dari mereka, mempunyai hak untuk mengekspresikan diri dengan gaya apapun, termasuk seperti wanita.

“Ivan Gunawan adalah Ivan Gunawan. Dia punya standar untuk sanggup mempresentasikan dirinya seperti apa. Kalau kita mendalami nilai tradisional seni Indonesia, banyak sekali memang benar dandannya harus kayak perempuan, dengan tarian serta lain-lain,” kata Caren Delano, disitir hari terakhir pekan (26/1/2024).

Ia juga menegaskan siapapun tidaklah berhak menghakimi Ivan Gunawan yang digunakan ditegur Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melawan gaya berbusana seperti wanita. Pembelaan dari Caren yang digunakan dinilai mempunyai gaya mirip Ivan ini menimbulkan karier keduanya mengambil bagian disorot.

Perbandingan Karier Ivan Gunawan Vs Caren Delano

Ivan Gunawan memulai karier pada bidang fesyen pada awal tahun 2000-an dengan membantu pamannya, Adjie Notonegoro. Bersamaan dengan itu, ia juga bergerak sebagai aktor serta bermain pada film bertajuk “5 Optimal 4 Sempurna”.

Sejak pada waktu itu, nama Ivan semakin di tempat panggung hiburan Tanah Air. Ia bahkan dipercaya menjadi host di dalam beberapa orang inisiatif televisi. Ia sama-sama Ulfa Dwiyanti, pernah menjadi presenter di inisiatif “Mendadak Dangdut”.

Ivan juga kerap tampil sebagai komentator pada acara pencarian bakat, seperti Mamamia. Selain itu, ia pun sempat menggeluti dunia tarik kata-kata hingga merilis lagu “Ijah Jangan Gila Dong” yang mana populer di dalam masanya.

Di sisi lain, Ivan diketahui pernah merelakan honornya sebagai artis. Tepatnya untuk membeli berbagai peralatan menjahit hingga menyewa tempat yang digunakan akan segera dijadikan butik. Beruntung, usahanya ini tidak ada sia-sia.

Ia sekarang mempunyai brand fesyen yang jual pakaian premium bernama Ivan Gunawan Prime. Selain itu, dirinya juga berjualan berbagai model hijab melalui brand Mandjha. Mulai dari jilbab segiempat, pashmina, hingga instan.

Bisnis milik Ivan kemudian merambah ke salon perawatan rambut, kosmetik, kuliner, hingga yayasan untuk para model. Tak semata-mata itu, pada waktu ini dirinya pun berpartisipasi menerima endorse kemudian menghasilkan kembali uang dari kanal Youtube.

Sementara itu, Caren Delano adalah lulusan sekolah desain mode LPTB Susan Budiarjo. Ia juga sempat melanjutkan studinya ke Fashion Business and Merchandise di area New York’s Fashion Institute of Technology. 

Caren bahkan turut menempuh institusi belajar di tempat New York University Jurusan Luxury Goods. Adapun kariernya dimulai pada tahun 1999 dengan membuka jenama mode sendiri yang digunakan diberi nama Caren Rowan Delano. 

Namun, usahanya itu tiada sejumlah diminati hingga berujung pada kebangkrutan. Lalu, usai belajar di area Amerika Serikat, Caren kembali ke Indonesia. Meski sempat menganggur selama satu tahun, ia tak menyerah.

Berteman dengan banyak sosialita populer pada Ibukota Indonesia rupanya membuka pintu bagi Caren untuk masuk ke dunia penata gaya. Sejak ketika itu, jasanya dipakai oleh beberapa selebriti seperti Nagita Slavina hingga Agnez Mo.

Selain itu, Caren pun mulai berkarier di tempat dunia hiburan. Ia kemudian ditunjuk menjadi salah satu pembawa acara di kegiatan Trans TV. Tak heran apabila sosoknya ini cukup rutin terlihat seliweran di area berbagai inisiatif televisi.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button