Kesehatan

Pusing Inisiatif Hamil Anak Kedua? Simak Tips Jitu dari Dokter Kandungan Ini adalah

Kertasleces.co.id – Ingin mempunyai anak kedua tapi tak kunjung hamil? Hati-hati, dokter zat mengingatkan tentang risiko infertilitas sekunder yang mana kerap tak diketahui. Organisasi Kesejahteraan Global (WHO) mengungkapkan bahwa sekitar 1 dari 6 orang dewasa di tempat seluruh dunia menghadapi tantangan infertilitas, menjadikannya salah satu permasalahan kebugaran global yang signifikan.

Tidak belaka terkait dengan perencanaan kehamilan anak pertama, tetapi infertilitas juga dapat menjadi hambatan ketika merencanakan kehamilan anak kedua, dikenal sebagai infertilitas sekunder. Kondisi ini tidaklah hanya sekali dipengaruhi oleh faktor organ reproduksi kemudian usia, tetapi juga oleh pembaharuan gaya hidup selama rentang waktu antara melahirkan anak pertama lalu merencanakan kehamilan anak kedua.

Gaya hidup yang digunakan tidaklah sehat, seperti kenaikan berat badan yang bukan terkendali lantaran pola makan tidaklah seimbang, konsumsi junk food yang tersebut berlebihan, begadang secara rutin, serta kurangnya aktivitas fisik, dapat berkontribusi pada kesulitan infertilitas sekunder. Pada wanita, kondisi yang disebutkan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, mengakibatkan siklus menstruasi yang mana tak teratur kemudian menghambat pematangan sel telur. Pada pria, gaya hidup yang mana tidak ada sehat juga dapat merusak kualitas sperma, khususnya apabila disertai konsumsi alkohol serta merokok.

Ilustrasi kehamilan. (Pixabay)
Ilustrasi kehamilan. (Pixabay)

Dalam mengatasi tantangan ini, dr. Ivan Maurits Sondakh, Sp.OG, seseorang praktisi di dalam Mayapada Hospital Tangerang, menekankan pentingnya menjaga berat badan ideal melalui gaya hidup sehat sebagai langkah mudah dan juga efektif untuk merencanakan kehamilan anak kedua.

“Menjaga berat badan tetap saja ideal dengan menerapkan gaya hidup sehat merupakan cara yang mana paling mudah kemudian efektif untuk merencanakan inisiatif kehamilan anak kedua. Mengonsumsi alkohol atau junk food berlebihan, jarang berolahraga, kemudian merokok dapat mengganggu keseimbangan hormon, sehingga akan merusak kualitas sperma kemudian pematangan sel telur,” kata beliau pada keterangan yang tersebut diterima Suara.com.

Selain menjalani pola hidup sehat, pemenuhan permintaan zat besi, asam folat, juga vitamin D juga dianggap kunci di pencegahan infertilitas sekunder. Dr. Ivan menyarankan agar selain dari makanan, keinginan mineral dan juga vitamin yang disebutkan juga dapat dipenuhi melalui suplemen yang tersedia di dalam apotek.

Apotek Wellings, sebagai penyedia layanan kemampuan fisik terbaik serta terlengkap, berjanji untuk membantu pasangan yang mana ingin memulai acara kehamilan anak kedua. Dengan konsep “neighborhood pharmacy,” Apotek Wellings selalu hadir dalam area pemukiman atau residensial, memudahkan warga pada mengakses produk-produk kesehatan, termasuk obat, vitamin, suplemen, lalu bahkan sewa alat-alat kesehatan.

Elly Kohardjo, ketua eksekutif Erajaya Beauty & Wellness, menambahkan Apotek Wellings menjadi solusi lengkap untuk berbagai keperluan kesehatan, termasuk obat, suplemen, vitamin, barang nutrisi, hingga alat-alat kesehatan. Dengan apoteker yang digunakan terus-menerus siaga dalam setiap gerai, pelanggan dapat berkonsultasi mengenai vitamin atau suplemen yang tersebut paling tepat untuk perencanaan kehamilan. 

“Selain melakukan tindakan preventif pada infertilitas sekunder, persiapan yang tersebut matang dengan konsumsi vitamin dan juga mineral dapat membantu meningkatkan kesempatan keberhasilan terjadinya kehamilan,” tutupnya.

Related Articles

Back to top button