Nasional

Putri Gus Dur Buka Suara: Ponpes Tebuireng Netral di tempat Pilpres 2024, Jangan Klaim!

Kertasleces.co.id – Putri Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Zannuba Ariffah Chafsoh yang akrab disapa Yenny Wahid membantah apabila pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng berpihak untuk paslon tertentu pada Pilpres 2024. Yenny Wahid menegaskan bahwa Ponpes Tebuireng netral.

Yenny Wahid menjelaskan bahwa dirinya sudah ada mengomunikasikan secara langsung dengan Pengasuh Ponpes Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin.

“Saya sudah ada berbicara dengan segera dengan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Gus Kikin, bahwa kedudukan Ponpes Tebuireng pada waktu ini adalah netral. Jadi tidaklah betul kalau ada yang dimaksud mengatasnamakan Pondok Pesantren Tebuireng,” kata Yenny.

Baca juga:

  • Ahok Bongkar Dalang Pemenjaraan Dirinya, Benarkah Sosok Ini?
  • Ibu Daerah Perkotaan Pindah ke Kaltim, Jokowi Tak Teruskan Cita-cita Soekarno, Ahok: Harusnya Kalteng
  • Sudah Ditunggu Di Bandara Sejak Jam 3 Pagi, Anies Terharu Sambutan Publik Manado
  • Gaya Selvi Ananda Kampanye di dalam Pasar Kemiri Depok Disorot: Mbokya Dibeliin Sepatu Mas Gibran

Yenny menjelaskan bahwa jikalau ada keluarga Tebuireng yang digunakan mengupayakan paslon tertentu, dipastikan itu adalah sikap pribadi. Pendukung itu tiada dapat mengatasnamakan Ponpes Tebuireng, termasuk dirinya yang dimaksud pada masa kini menjabat Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud.

“Saya juga keluarga besar Pondok Pesantren Tebuireng. Tapi, ketika beraktivitas urusan politik di tempat luar sana, kemudian sudah ada jelas dukungan kita di dalam Paslon 3, saya tidaklah akan mengatasnamakan Pondok Pesantren Tebuireng. Sikap ini untuk menjaga hormat kemudian kehormatan Pondok Pesantren Tebuireng. Jangan dibawa-bawa ke urusan kebijakan pemerintah praktis,” ungkapnya.

Sebelumnya, kemarin Selasa (6/2). di tempat Ponpes Tebuireng, Daerah Jombang, Jawa Timur dilakukan doa kemudian dukungan terhadap paslon nomor 2, Prabowo-Gibran.

Dukungan itu disampaikan dengan segera oleh dzurriyah atau keturunan dari K.H. Hasyim Asy’ari, yang tersebut merupakan pendiri pesantren tersebut, yakni Gus Irfan Yusuf, Gus Billy Wahid, Gus Yusuf Adnan Kikin juga Gus Ivan Fahmi di acara Maklumat Tebuireng dalam pesantren tersebut.

“Mengajak semua pihak untuk menggunakan hak pilih pada Pemilihan Umum 14 Februari 2024. Dengan memperkuat pasangan Prabowo Subianto serta Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden kemudian Wakil Presiden Indonesia 2024-2029,” kata perwakilan dari Pesantren Tebuireng, Jombang, Gus Ivan.

Gus Ivan menyatakan dukungan itu merupakan maklumat. Dirinya berharap maklumat dukungan Pesantren Tebuireng, Jombang pada Prabowo-Gibran itu agar dihadiri oleh oleh para santri serta alumni.

Pihaknya menambahkan, Ponpes Tebuireng juga berharap agar kontestasi pemilihan raya 2024, yang digunakan akan berlangsung 14 Februari 2024 mampu berlangsung lancar serta damai. Tebuireng menilai perlu adanya kepemimpinan yang mana berkelanjutan yang digunakan sesuai dengan semangat mengayomi seluruh pihak.

Menurut dia, sebagai pesantren yang dimaksud miliki sejarah panjang lalu pengaruh besar, Maklumat Tebuireng ini dinilai akan sangat signifikan bagi ucapan Prabowo-Gibran utamanya di tempat wilayah basis santri.

Dukungan Pesantren Tebuireng ini, tambah dia, juga menjadi suntikan positif bagi target satu putaran yang mana dicanangkan oleh pasukan sukses pasangan nomor urut 02 itu. [Antara]

Related Articles

Back to top button