Lifestyle

Rahasia Waktu senja Isra Miraj, Ini adalah Doa dan juga Amalan untuk Mendapatkan Syafaat Nabi

Kertasleces.co.id – Isra Miraj menjadi insiden peting bagi umat Islam, dikarenakan merupakan peringatan serius akan perjalanan bersejarah Nabi Muhammad SAW. Pada perjalanan ini, Nabi Muhammad SAW menerima perintah salat dari Allah SWT.

Terdapat keistimewaan di peringatan serius Isra Miraj yang tahun ini jatuh pada tanggal 27 Rajab atau 8 Februari. Dikatakan, mereka itu yang dimaksud membaca doa ketika Isra Miraj akan dipenuji keinginan berhadapan dengan izin Allah SWT.

“Barang siapa yang mana membaca doa ini pada di malam hari 27 Rajab, kemudian mengajukan permohonan terhadap Allah (untuk dipenuhi) kebutuhannya, maka akan dipenuhi kebutuhannya dengan izin Allah.” (Abdullah al-Halabi, Nurul Anwar wa Kanzul Abrar fi Dzikris Shalati ‘alan Nabi al-Mukhtar, [Beirut, Darul Kutub Ilmiah: tt], halaman 38).

Lalu, bagaimana tata cara membaca doa pada waktu Isra Miraj? Berikut langkah-langkahnya.

1. Sebelum membaca doa, seseorang dianjurkan untuk melaksanakan salat sunah dua rakaat. Saat salat, disarankan membaca surat Al-Ikhlas pasca membaca surat Al-Fatihah di dalam rakaat pertama juga kedua.

2. Usai salat, disarankan membaca salawat untuk Nabi Muhammad SAW sebanyak 10 kali.

3. Membaca doa Isra Miraj sebagai berikut:

Allhumma inn as’aluka bi musyhadati asrril muhibbn, wa bil khalwatil lat khashshashta bih sayyidal mursaln hna asraita bih lailatas sbi’i wal ‘isyrn an tarhama qalbiyal hazna wa tujba da‘wat y akramal akramn.

Artinya: “Ya Allah, dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia orang-orang pecinta, kemudian dengan kemuliaan khalwat (menyendiri) yang digunakan belaka Engkau khususkan terhadap pimpinan para rasul, ketika Engkau memperjalankannya pada di malam hari 27 Rajab, sungguh aku memohon kepada-Mu agar Kau merahmati hatiku yang sedih juga Kau mengabulkan doa-doaku, wahai Yang Maha Memiliki kedermawanan.”

Selain membaca doa, terdapat juga beberapa amalan yang mana dianjurkan dijalankan ketika Isra Miraj, di tempat antara adalah sebagai berikut.

1. Memperbanyak amalan sunah

Saat Isra Miraj, umat muslim disarankan untuk menjalankan ibadah sunah. Hal ini dapat memberikan pahala yang mana banyak bagi mereka itu yang mana melaksanakannya.

2. Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an akan menenangkan hati juga pikiran kita. Selain itu, hal ini juga akan megingatkan kita dengan insiden Isra Miraj, sebab insiden itu juga tertoreh di Al-Qur’an surah Al-Isra ayat 1.

3. Memperbanyak Istigfar

Saat Isra Miraj, umat muslim dapat memperbanyak membaca istighfar sebagai tanda dirinya ingin kembali ke jalan Allah serta menyesali perbuatan dosa yang digunakan telah dilakukan ia lakukan.

4. Salawat

Membaca salawat untuk Rasulullah SAW juga menjadi amalan yang dimaksud dianjurkan. Dengan bersalawat, berarti kita akan mendoakan nabi Muhammad SAW beserta keluarga serta juga para sahabatnya.

Related Articles

Back to top button