Otomotif

Rahasia Menaklukkan Motor Kopling: Panduan Lengkap untuk Pemula

Kertasleces.co.id – Sepeda motor transmisi manual dioperasikan menggunakan kopling. Yaitu perangkat untuk menghubungkan atau memutuskan putaran mesin dengan roda belakang, sehingga memungkinkan pengendara untuk mengganti gigi kemudian berhenti tanpa harus mematikan mesin.

Inilah keseruan bagi merekan yang suka bertualang sembari memainkan kopling: mengganti gigi terendah sampai tertinggi.

Dikutip dari tips Wahana Honda, sejumlah kelebihan ditawarkan motor kopling. Antara lain sensasi engine brake, akselerasi lebih lanjut spontan, sampai memainkan putaran mesin.

Honda CBR400R. (Honda Japan)
Honda CBR400R, bayangkan keseruan membesutnya dengan sistem kopling manual [Honda Co. Japan]

Bagi pemula yang ingin memahami dan juga belajar menggunakan motor kopling, berikut adalah panduannya:

Bedah kinerja kendaraan beroda dua motor yang tersebut menggunakan kopling

  • Bedah pada di sini adalah memahami cara kerja lalu perangkat vital yang tersebut ada di tempat sebuah motor kopling.
  • Kopling bertujuan untuk memutus atau meneruskan putaran crankshaft untuk transmisi lalu ke roda.
  • Tuas kopling berada pada tangan kiri. Cek kondisi tuas kopling, ketika menarik terasa halus serta ringan, sehingga memudahkan belajar mengendarai motor jenis ini.
  • Pastikan tuas kopling bukan patah atau rusak agar lebih lanjut mudah ketika belajar.
  • Pastikan jarak bebas tuas kopling standar sesuai tertera di dalam buku manual agar pengoperasian dapat maksimal.
  • Untuk kopling manual, perpindahan gir adalah 1 ke hitungan maksimum, ditekan ke depan semua. Ada pula model gir 1 ditekan ke depan, selanjutnya gir 2 ke gir maksimum ditekan ke belakang atau dicongkel.
  • Pastikan semua ciri lalu komponen motor di keadaan baik kemudian sempurna, seperti rem, ban, lampu juga lainnya.

Cara mengendarai

  • Hidupkan mesin kemudian gir pada keadaan netral. Operasikan rem belakang dengan cara injak pedal rem untuk menjaga motor bukan bergerak.
  • Tarik tuas kopling secara penuh agar perpindahan gir lebih besar mudah kemudian masukkan gir 1.
  • Lepas rem belakang dan juga lepas tuas kopling secara perlahan. Bila melepas terlalu cepat akan menyebabkan mesin motor mudah mati.
  • Jalankan motor tanpa mengoperasikan gas (jika kondisi motor standar atau normal). Tanpa digas pun motor mampu berjalan.
  • Tarik kopling pada waktu akan berhenti juga lakukan pengereman secara halus.
  • Ulangi tahap sampai karakter motor dikenal dengan baik.

Bila telah lama paham kinerja moor kopling, mainkan tuas kopling

  • Operasikan gas secara halus lalu tambah gir untuk menambah kecepatan.
  • Selalu tutup gas dahulu baru tarik kopling ketika akan memindahkan gir, baik menambah atau menghurangi jumlah total gigi.
  • Operasikan kopling di tiga kondisi yaitu ketika pertama kali akan jalan, pindah gear (menambah atau mengurangi) serta pada waktu akan berhenti.
  • Hindari menarik tuas kopling ketika melakukan pengereman, ini akan menghasilkan motor nyelonong akibat tidaklah ada engine brake sehingga lebih besar susah dikendalikan.
  • Saat menurunkan gir disarankan diadakan di kondisi rpm motor bukan tinggi sehingga menyebabkan perpindahan menjadi lebih lanjut halus.
  • Lakukan latihan ini berkesinambungan sehingga lebih banyak mengenal karakter motor lalu mahir.

Related Articles

Back to top button