Otomotif

Ramai Mobil Listrik Toyota Kena Recall, Tesla Juga Lakukan Hal Sama

Kertasleces.co.id – Tesla melakukan pencabutan kembali alias recall pada 200 ribu mobil listriknya. Dilansir dari Carscoops, recall dilaksanakan untuk memperbaiki perangkat lunak pada kamera cadangan.

Disebutkan kalau kamera cadangan sebelum dijalankan recall mengalami masalah. Hal ini pun menyebabkan pabrikan mobil listrik Tesla segera gercep melakukan recall.

Namun recall ini terjadi dalam pangsa Amerika Serikat saja. Untuk hasil yang mana kena recall yakni Model S, X, kemudian Y tahun 2023. Sedangkan untuk generasi tua seperti Model 3 tak terkena imbas.

“Tesla menyatakan sudah pernah mengidentifikasi 81 klaim garansi terkait cacat tersebut,” tulis Carscoops.

Untungnya tidak ada ada laporan kecelakaan sebelum terjadinya recall ini.

Ternyata tak cuma Tesla cuma yang digunakan melakukan recall. Pabrikan jika Jepang, Toyota juga melakukan recall pada hasil mobil listriknya.

Toyota bZ4x Jadi Kendaraan Konfrensi Taraf Tinggi AIS pada Bali. (Foto: TAM)
Toyota bZ4x Jadi Kendaraan Konfrensi Level Tinggi AIS di dalam Bali. (Foto: TAM)

PT Toyota-Astra Motor (TAM) melakukan recall Toyota bZ4X untuk melakukan reprogramming Electronic Control Unit (ECU) yang digunakan mengendalikan tampilan seluruh informasi penting kendaraan pada Combination Meter.

Hal ini diungkapkan oleh Henry tanoto selaku Vice President Director PT TAM.

““Dengan segala kerendahan hati, PT TAM menjalankan inisiatif global dari prinsipal Toyota Motor Corporation (TMC) yaitu menginformasikan juga mengundang para pemilik kendaraan Toyota bZ4X tahun produksi Maret 2022 – Juni 2023 supaya segera menegaskan apakah kendaraannya termasuk di daftar unit yang dimaksud mendapatkan recall di tempat jaringan bengkel resmi Toyota di area seluruh Indonesia,” ujar Henry.

“Kami akan melakukan pemeriksaan beserta reprogramming di bentuk software update pada Electronic Control Unit (ECU) pengendali Combination Unit yang tersebut berfungsi menampilkan seluruh informasi penting kendaraan pada bentuk Multi Information Display (MID),” pungkasnya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button