Teknologi

Rekap PHK Massal Perusahaan Teknologi Januari 2024: Dari Google hingga Meta

Kertasleces.co.id – Sejumlah perusahaan teknologi global ramai-ramai mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap para karyawannya. Perusahaan populer seperti Google, Meta, hingga Microsoft pun telah melakukan PHK massal.

Sepanjang Januari 2024, sebanyak 23.670 karyawan sudah dipecat dari 85 perusahaan teknologi, dikutipkan dari CNBC International, Akhir Pekan (28/1/2024).

Angka ini menjadi yang digunakan terbanyak sejak Maret 2023 lalu, pada mana kala itu hampir 38.000 orang menjadi korban PHK massal.

Berikut daftar perusahaan teknologi yang tersebut melakukan PHK sepanjang Januari 2024.

1. SAP
Perusahaan software dengan syarat Jerman, SAP, sempat tersebar luas di area Indonesia lantaran terlibat tindakan hukum suap ke beberapa orang pejabat. Salah satu lembaga yang dimaksud diduga terseret di korupsi SAP ini adalah BAKTI Kominfo.

Beberapa waktu lalu, SAP mengumumkan PHK untuk 8.000 karyawannya. Pemecatan ini dilaksanakan sebagai upaya perusahaan untuk beralih ke AI.

2. Microsoft
Microsoft juga sempat melakukan PHK massal ke 9 persen atau 1.900 karyawan yang berada dalam divisi game. Pemecatan ini terjadi usai tiga bulan Microsoft mengakuisisi perusahaan game Activision Blizzard senilai 69 miliar Dolar Negeri Paman Sam atau sekitar Mata Uang Rupiah 1.088 triliun.

3. eBay
Situs jual beli online serta lelang, eBay juga mengumumkan PHK untuk 1.000 pekerja atau sekitar 9 persen dari total keseluruhan karyawan.

4. Google
Awal Januari, Google memverifikasi adanya PHK massal ke beratus-ratus karyawan. PHK ini berlanjut dari tahun 2023 lalu yang tersebut telah mengorbankan 12.000 pegawai.

5. Amazon
Badai PHK massal juga terjadi dalam Amazon yang dimaksud berdampak ke beratus-ratus pegawainya. Kebijakan ini berefek pada merekan yang dimaksud bekerja di tempat unit usaha seperti Prime Video, MGM Studios, Twitch, hingga Audible.

6. Discord
Discord sempat merebak dalam Indonesia sebab platformnya dipakai di dalam tindakan hukum selingkuh pilot lalu pramugari. Sayangnya dia justru melakukan PHK ke 17 persen karyawannya.

7. Meta
Perusahaan induk Facebook lalu WhatsApp, Meta juga mengumumkan PHK terhadap karyawan Instagram. Kebijakan ini berdampak pada 60 orang yang digunakan bekerja di tempat divisi manajer acara teknis.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button