Kesehatan

Sakit Bahu Usai Olahraga Angkat Beban, Hal ini Cara Mengatasinya Agar Tak Jadi Kecelakaan Serius

Kertasleces.co.id – Sakit bahu usai olahraga kerap dikeluhkan sejumlah orang. Beberapa olahraga yang tersebut kerap menimbulkan sakit bahu di dalam antaranya angkat beban, tenis, bulu tangkis, golf, lalu juga basket. Hal ini lantaran pada olahraga tersebut, bahu jadi bagian yang tersebut paling berbagai digunakan untuk aksi mengayun atau menahan beban.

Konsultan Sendi Bahu lalu Siku Eka Hospital BSD, dr. Erica Kholinne, Sp.OT (K) Ph.D, menjelaskan bahwa sakit bahu pasca olahraga angkat beban sanggup disebabkan oleh robeknya ligamen, patahnya sendi atau tulang, hingga luka.

Beberapa sakit bahu yang tersebut harus diwaspadai pasca olahraga, kata dr. Erica, adalah dislokasi, fraktur atau patah tulang, radang sendi, lalu robekan tendon.

Dislokasi adalah kondisi ketika tulang bahu pergi dari dari soketnya, menyebabkan rasa nyeri yang disertai dengan pembengkakan juga memar. Lalu fraktur tulang di tempat bahu bisa saja cuma patah atau retak pada ketika tergelincir atau terkena pukulan keras. Akibatnya, ketidakmampuan untuk bisa saja menggerakkan lengan atau bahu terlihat menurun.

Sedangkan radang sendi merupakan kondisi dimana bursa (kantung berisi cairan yang tersebut menjadi bantalan dalam persendian bahu) membengkak dan juga teriritasi akibat dari pergerakan yang digunakan serupa berulang kali.

Terakhir, yakni robekan tendon rotator cuff pada sendi bahu, yang merupakan jenis cedera otot bahu yang digunakan ditandai dengan adanya robekan pada satu atau lebih tinggi tendon juga otot rotator cuff.

Lalu, bagaimana cara mengatasi sakit bahu usai olahraga angkat beban?

“Nyeri bahu mampu mengganggu kenyamanan di beraktivitas apabila tidaklah ditangani dengan tepat. Penanganan nyeri bahu oleh sebab itu postur sanggup dimulai dengan melakukan peredaan nyeri dengan melakukan metode RIC,” ujar dr. Erica melalui keterangan yang diterima suara.com, Hari Sabtu (13/1/2024).

Adapun RIC terdiri dari istirahat, kompres dingin, dan juga menekan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Rest atau istirahat, yaitu dengan mengistirahatkan tangan ketika nyeri berlangsung dengan tidak ada menggerakan tangan terlalu banyak.
  2. Ice yakni kompresi dingin, yaitu dengan mengompres area nyeri bahu menggunakan kain atau benda lunak dingin, yang mana bertujuan untuk mengempiskan rasa nyeri.
  3. Compression atau menekan untuk meredakan rasa nyeri, dengan menggunakan kain atau perban untuk mengurangi pembengkakan semakin membesar.

“Melakukan latihan peregangan otot sebelum berolahraga juga sebaiknya diadakan untuk menjaga dari terjadinya adanya cedera pada bahu. Jika nyeri bahu mulai terasa, hindari lakukan aktivitas fisik berat pada bahu terlebih dahulu agar nyeri tidaklah bertambah parah. Namun jangan sepenuhnya berhenti menggunakan bahu sebab bisa saja menghambat proses penyembuhan,” beber dr. Erica.

Sedangkan pencegahan nyeri bahu pasca olahraga angkat beban, yaitu dengan menjaga postur tubuh bukan berubah semakin memburuk, yaitu menjaga sikap tulang belakang tetap memperlihatkan tegak.

“Ini dikarenakan postur tubuh yang mana buruk diketahui dapat meningkatkan risiko setiap orang di mengalami nyeri bahu,” pungkas dr. Erica.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button