Bisnis

Sebelum Pilpres, OJK Temukan Puluhan Transaksi Saham Gorengan

Kertasleces.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menemukan adanya indikasi manipulasi proses melawan 19 saham gorengan sepanjang satu tahun belakangan atau sebelum Pilpres 2024.

Hal yang disebutkan diungkapkan oleh Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, Bursa Karbon OJK, Inarno Djajadi pada Rabu (21/2/2024/.

“Saham-saham yang disebutkan pasca dijalankan pemeriksaan awal ditemukan dugaan adanya indikasi manipulasi melawan pergerakan harganya,” ungkap Inarno.

Tak hanya sekali itu OJK juga sedang memantau lalu melakukan pemeriksaan awal melawan 34 saham yang dimaksud diduga miliki proses tidaklah wajar.

Lebih lanjut, ia menegaskan, OJK sudah melakukan beberapa langkah untuk menjaga dari praktik operasi manipulasi, seperti melakukan penguatan pengawasan terhadap pangsa modal, termasuk di hal pengaplikasian teknologi.

“Kami melakukan closely monitoring pada saham-saham yang digunakan baru IPO, dan juga penguatan sistem pengawasan yang mana telah lama ada dengan mendirikan Big Fakta Analysis yang digunakan pada waktu ini sedang pada tahap pengembangan,” terang dia.

Selain itu, ia juga bilang, OJK telah lama melakukan penegakan hukum baik secara pidana maupun sanksi administrasi.

“OJK sudah menetapkan untuk 49 Pihak dengan Sanksi Administratif merupakan Peringatan Tertulis, Sanksi Administratif Berupa Denda, Sanksi Administratif berbentuk Pembekuan Izin, dan juga Perintah Tertulis,” papar dia.

Terakhir, ia memaparkan, OJK melakukan koordinaasi dengan SRO (Self Regulatory Organization) bursa modal guna melakukan pengawasan terintegrasi.

“Cara ini untuk melakukan pengawasan secara menyeluruh dari proses operasi sampai dengan settlement terhadap aktivitas suatu saham yang tersebut diidikasikan tak wajar,” pungkas dia.

Meski demikian Inarno tak merinci daftar saham apa cuma yang dimaksud dimaksud tersebut.

Related Articles

Back to top button