Bisnis

Senjata Api Buatan Pindad Hadir di area Amerika Serikat: Hal ini Daftar lalu Harganya

Kertasleces.co.id – Banyak yang tersebut tidak ada tahu bahwa perusahaan senjata nasional PT Pindad (Persero) diduga mengedarkan senjata api (senpi) merek ke lingkungan ekonomi sipil Amerika Serikat.

Sebuah sumber menyebutkan tipe – tipe senjata yang mana dibuang adalah Pindad SP-1, Pindad SS Amphibious, Pindad SPR-2, Pindad SPR-4, juga Pindad SS1-C. Di di negeri senjata – senjata itu dijual mulai Rp45 juta. 

Hingga berita ini diturunkan, manajemen Pindad belum mengkonfirmasi apakah benar senjata merek bisa jadi beredar pada kalangan warga sipil di dalam Negeri Paman Sam tersebut.

Namun, pada September 2023 lalu, Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose pernah menyatakan bahwa Pindad berkinerja positif, dibuktikan dengan banyaknya negara yang mana berminat membeli senjata produksi perusahaan pada negeri itu, salah satunya Amerika Serikat (AS). Negeri Paman Sam sebelumnya juga diketahui berlangganan sebagian tipe senjata produksi Pindad. 

“Kalau ke negara lain kita sudah ada ekspor, ke US kemudian itu setiap bulan kita mengirim dua kontainer,” kata Abraham pasca mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau pabrik senjata PT Pindad, pada Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/9/2023).

Kendati demikian Abraham tiada merincikan tipe apa hanya yang dimaksud dikirim ke sana sekaligus siapa belaka sasaran konsumennya. 

Presiden Jokowi yang tersebut ketika itu berkunjung ke pabrik Pindad juga membeberkan komentar positif bernada bangga menghadapi kinerja perusahaan. Pasalnya, Pindad masuk pada Top 50 sektor pertahanan global. Pendapatan Pindad sendiri mencapai Rp27 triliun pada 2023 lalu. 

Di Indonesia Pindad hanya saja boleh dimiliki oleh aparat penegak hukum. Warga sipil bisa saja menggunakan senjata dengan berbagai syarat. Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 82 Tahun 2004 tentang Siapa Saja yang tersebut Boleh Memiliki Senjata Api syarat-syarat yang dimaksud adalah sebagai berikut. 

1. Komunitas sipil yang ingin memiliki senjata api cuma golongan tertentu saja, seperti direktur utama, menteri, pejabat pemerintahan, entrepreneur utama, komisaris, pengacara juga dokter.

2. Calon pemilik senjata api, minimal selama tiga tahun wajib miliki keterampilan menembak. Mereka juga akan diuji melalui tes psikologi dan juga tes kesehatan.

3. Calon pemilik senpi juga harus secara resmi mendapatkan surat izin dari instansi atau kantor yang bertanggung jawab berhadapan dengan kepemilikan senjata api.

4. Jika semuanya sudah ada terpenuhi, maka pemakaian senpi belaka untuk membela diri saja. Senpi yang diizinkan, yaitu senjata api peluru tajam, peluru karet dan juga peluru hampa. Sebelum mengajukan kepemilikan menghadapi senjata api, warga sipil akan diuji terlebih dahulu apakah sudah pernah memenuhi syarat. Setelahnya pengajuan baru dapat dilakukan. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button