Otomotif

Spare Part Apa yang Perlu Rutin Diganti pada Mobil?

Kertasleces.co.id – Mobil, seperti manusia, membutuhkan perawatan rutin agar tetap memperlihatkan berjalan dengan optimal. Dalam dunia otomotif, beberapa spare part menjadi pilar utama untuk menjaga kondisi tubuh serta kinerja kendaraan namun cepat usang.

Komponen ini disebut dengan spare part fast moving, yang mana perlu pergantian secara reguler.

Dikutip dari situs resmi Daihatsu, berikut nama-nama spare part mobil yang dimaksud perlu Anda perhatikan lalu rutin diganti untuk melakukan konfirmasi mobil Anda setiap saat berada di kondisi prima.

Ilustrasi mesin mobil. (freepik)
Ilustrasi mesin mobil. (freepik)

1. Busi

Busi, walaupun ukurannya kecil, miliki dampak besar pada kinerja mesin. Ganti busi secara teratur, setidaknya setiap 20.000 KM, untuk memverifikasi proses pembakaran optimal dan juga menjaga dari hambatan mogok yang tak diinginkan.

Jangan lewatkan tanda-tanda busi rusak, lalu lakukan penggantian dengan tepat waktu.

2. Aki

Aki, sebagai penyuplai tenaga listrik, mempunyai umur pakai sekitar 2 hingga 3 tahun. Pastikan untuk menggantinya secara berkala agar mobil Anda tak terhenti mendadak pada sedang jalan.

Periksa juga kabel-kabelnya secara berkala untuk meyakinkan koneksi yang tersebut baik.

3. Oli Mesin lalu Filter Oli

Oli mesin lalu filter oli adalah komponen yang bukan boleh diabaikan. Ganti oli mesin lalu filternya setiap 10.000 KM atau sesuai petunjuk pabrikan.

Ini akan menjamin mesin tetap memperlihatkan terlumasi dengan baik, menurunkan gesekan, serta menambah masa berlaku umur mesin mobil Anda.

4. Filter AC

Filter AC yang digunakan bersih adalah kunci untuk menjaga kualitas udara di tempat pada mobil. Ganti filter AC secara berkala untuk menghindari bau bukan sedap lalu menegaskan suhu udara yang mana nyaman di kabin mobil Anda.

5. Kampas Kopling dan juga Kampas Rem

Kampas kopling dan juga kampas rem merupakan elemen penting untuk menjaga keamanan berkendara.

Ganti kampas kopling secara berkala untuk menjaga daya transmisi, serta pastikan kampas rem terus-menerus berada pada kondisi optimal untuk menghindari risiko kecelakaan.

6. Lampu

Lampu mobil tidak hanya saja untuk estetika, tetapi juga untuk keamanan. Periksa dan juga ganti lampu yang dimaksud rusak secara berkala.

Lampu yang dimaksud baik akan memberikan penerangan optimal, meyakinkan perjalanan di malam hari Anda tetap saja aman.

7. Ban Mobil

Ban yang dimaksud aus dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Perhatikan tingkat keausan dan juga ganti ban secara berkala untuk menjaga daya cengkeram kemudian keamanan mobil Anda.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button