Teknologi

Strategi Indosat di Transformatif dari Telco menjadi TechCo

Kertasleces.co.id – Indosat Ooredoo Hutchison melakukan perubahan dari Telco ke Techco.

Untuk meningkatkan kualitas layanan dan juga memperluas konektivitas pada wilayah perdesaan, Indosat meningkatkan jumlah agregat BTS 4G sebesar 30,7 persen dibandingkan 2022.

Indosat mencatatakan saat ini memiliki 179.000 sites BTS yang tersebut tersebar di dalam seluruh Indonesia.

Indosat juga menyelesaikan proses integrasi jaringan dalam lebih banyak dari 46.000 sites hanya saja pada waktu satu tahun dengan menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN).

Dengan penerapan teknologi ini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, dapat merasakan jangkauan jaringan yang dimaksud lebih lanjut luas.

Tidak semata-mata itu, kualitas layanan di area pada ruangan yang tersebut lebih besar baik, dan juga pengalaman internet yang dimaksud lebih banyak cepat hingga dua kali lipat.

Menara BTS. [Envato]
Menara BTS. [Envato]

Kecepatan unduh serta latensi tambahan baik, meningkatkan pengalaman digital pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming serta gaming.

Peningkatan kualitas layanan ini berkontribusi terhadap perkembangan trafik data yang kuat sebesar 14,8 persen dibandingkan periode 2022menjadi 14.417 Petabyte (PB).

Dalam kinerja perusahaan sepanjang 2023, belanja modal Indosat tercatat sebesar Rp12,7 triliun.

Sebagian besar digunakan untuk pengembangan bidang usaha selular juga perluasan jangkauan jaringan hingga ke wilayah perdesaan dan juga terpencil.

Tidak hanya saja itu, perusahaan terus melakukan berbagai kerja sebanding strategis dengan berbagai mitra berskala global.

Mulai dari peluncuran pusat pameran inovasi, Indosat Marvelous Xperience (MX) Center, hingga kerja mirip strategis di pengelolaan pusat data berteknologi tinggi.

Dalam perjalanan menuju perusahaan teknologi, Indosat juga terus mengembangkan layanan internet fixed broadband.

Termasuk melalui pembelian sebagian pelanggan aset milik MNC Play pada rangka mempertegas langkahnya di tempat industri Home Broadband (HBB).

Perusahaan mencatatkan data kenaikan jumlah keseluruhan pelanggan HBB menjadi 336,9 ribu pada akhir 2023.

Indosat mengumumkan kampanye Pesta Hadiah IM3 pada Hari Senin (16/10/2023) di tempat Jakarta. Pelanggan bisa jadi mendapatkan iPhone 14 Pro hingga Samsung Galaxy S23 Ultra gratis. [Suara.com/Dicky Prastya]
Ilustrasi Indosat . [Suara.com/Dicky Prastya]

Sedangkan pengguna bergerak bulanan (Monthly Active Users/MAU) program milik Indosat, myIM3 juga bima+ turut meningkat pesat sebanyak 8,6 jt YoY menjadi 37,7 jt pengguna.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menegaskan peran strategis Indosat di menginisiasi pertumbuhan infrastruktur pusat data berbasis Artificial Intelligence (AI) di dalam Indonesia.

Bersama mitra strategisnya, beliau menambahkan di keterangan resminya, Kamis (8/2/2024), Indosat miliki tekad untuk memajukan Indonesia di pengembangan Teknologi AI Cloud tingkat dunia.

“Dengan adopsi teknologi terbaru didukung kolaborasi bersatu berbagai pihak yang dimaksud didasari semangat gotong royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa akhir kami di mewujudkan tujuan besar Indosat untuk menghubungkan dan juga memberdayakan seluruh rakyat Indonesia dengan mengakselerasi metamorfosis digital bangsa,” tutup Vikram.

Related Articles

Back to top button