Kesehatan

Tak Banyak Orang Tua Tahu, Saluran Cerna Baik Ternyata Pengaruhi Perkembangan Sosial-Emosional Anak

Kertasleces.co.id – Orang tua perlu memahami pentingnya kondisi tubuh saluran cerna anak sebagai fondasi bagi meningkat kembang optimal.  Sebab, saluran cerna merupakan organ kompleks dengan lebih banyak dari 70% komponen sel daya tahan tubuh dan juga 100-500 jt sel saraf yang digunakan memengaruhi sistem saraf lalu mood.

Seperti diketahui pembentukan kemudian perkembangan sistem saluran cerna mempengaruhi kondisi tubuh juga suasana hati anak.

“Menjaga kebugaran saluran cerna si kecil dapat menjadi landasan kemampuan fisik anak secara keseluruhan di dalam masa mendatang. Oleh akibat itu, penting bagi Bunda untuk menjaga kondisi tubuh saluran cerna si kecil dimulai dari masa pembentukan serta perkembangannya,” ujar Dokter Muzal Kadim, Sp.A(K). 

Tumbuh kembang anak. (Dok. Istimewa)
Tumbuh kembang anak. (Dok. Istimewa)

Ia menjelaskan, Nutrisi seimbang dan juga prebiotik diperlukan untuk menjaga keseimbangan bakteri baik pada usus anak. Diperlukan juga nutrisi seperti DHA, AA, serta ALA/LA untuk perkembangan otak anak.

Perhatian terhadap kebugaran saluran cerna anak juga berdampak pada perkembangan sosial emosional. Dokter Rini Sekartini, Sp.A(K) memacu orang tua untuk menggalang perkembangan kognitif kemudian sosial emosional anak sejak dini.

“Perkembangan sosial lalu emosional anak biasanya masih seringkali diabaikan oleh orang tua, guru, serta pengasuh lainnya. Orang tua lalu guru harus paham bahwa anak-anak dengan perkembangan emosi yang dimaksud sehat adalah merekan yang dimaksud dapat mengekspresikan diri dengan cara yang dimaksud positif. Sebab, perkembangan sosial juga emosional pada anak usia dini adalah bagaimana mereka mampu mengurus kemudian mengekspresikan berbagai emosi, baik itu positif maupun negatif.”

Oleh dikarenakan itu, pada rangka memperingati Social Emotional Learning Day, PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia) melalui platform digital digital Bebeclub mengundang semua pihak teristimewa orang tua untuk bersama-sama menggalang perkembangan sosial emosional anak agar bisa jadi meningkat menjadi Anak Hebat.

Mereka mengundang orang tua dan juga tenaga pengajar untuk menggalang perkembangan sosial emosional anak. Mereka menyediakan buku cerita digital interaktif Bebestory untuk mengajarkan anak tentang kebaikan kemudian emosi.

“Kami terus berazam untuk hadir menyediakan nutrisi yang digunakan baik untuk si Kecil untuk terus menggalang Ibu di memberikan nutrisi kemudian stimulasi tepat agar si kecil. Salah satunya dengan menghadirkan komoditas bernutrisi yang dilengkapi asam lemak rantai panjang Triple A (DHA, AA, ALA/LA) untuk perkembangan otak juga mengandung prebiotik FOS:GOS dengan prosentase yang mana tepat 1:9, terbukti klinis dan juga teruji optimalkan kebugaran saluran cerna,” ujar Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK., Medical & Scientific Affairs Director Danone Indonesia. 

Related Articles

Back to top button