Lifestyle

Tanggal 8 Februari 2024 Hari Apa? Sambut Liburan Sebentar Lagi!

Kertasleces.co.id – Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, tercantumkan bahwa tanggal 8 Februari ditetapkan sebagai hari libur nasional. Akan tetapi, kemungkinan besar ada yang digunakan belum tahu tanggal 8 Februari 2024 hari apa. Simak penjelasannya di tempat sini. 

Tanggal 8 Februari 2024 ditetapkan sebagai hari libur tambahan. Mengutip dari SKB 3 Menteri nomor 855 tahun 2023, nomor 3 tahun 2023, juga nomor 4 tahun 2023, yang tersebut mendiskusikan tentang hari libur nasional lalu cuti dengan 2024, ditetapkan bahwa tanggal 8 Februari 2024 merupakan hari libur nasional untuk memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Tanggal 8 Februari 2024 jatuh pada hari Kamis. 

Cuti dengan setelahnya tanggal 8 Februari 2024

Mungkin yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah apabila tanggal 8 Februari 2024 menjadi tanggal merah untuk memperingati hari Isra Miraj, apakah tanggal 9 kemudian 10 Februari juga tanggal merah? 

Mengamati SKB 3 Menteri, eksekutif juga menyebutkan bahwa tanggal 9 juga 10 Februari juga tanggal merah sebagai hari cuti dengan untuk perayaan Imlek. Kemudian tanggal 10 menjadi tanggal merah dan juga masuk sebagai hari libur nasional akibat merupakan tanggal peringatan tegas hari Raya Imlek. 

Dengan demikian, publik Indonesia mendapatkan libur tambahan pasca tanggal 8 Februari 2024. Berikut rincian ringkasnya. 

1. Kamis, tanggal 8 Februari 2024, hari libur nasional memperingati Hari Isra Miraj Nabi Muhammad 

2. Jum’at, 9 Februari 2024, hari libur cuti dengan merayakan hari raya Imlek 2575 Kongzili.

3. Sabtu, 10 Februari 2024, hari libur nasioal hari raya Imlek 2575 Kongzili. 

Apa itu Isra Miraj

Sekarang sudah ada jelas bahwa tanggal 8 Februari 2024 menjadi hari peringatan serius Isra Miraj. Maka, baik sebelum maupun setelahnya, umat Islam di dalam Indonesia melaksanakan perayaan dengan berbagai metode masing-masing disesuaikan dengan kebijakan lokal. 

Pada intinya, apapun cara perayaan Isra Miraj, tujuan dari acara yang disebutkan adalah untuk memperingati periode akhir kenabian Nabi Muhammad saw di tempat Makkah sebelum melaksanakan perjalanan ke Madinah. Pada insiden Isra Miraj, Nabi Muhammad mendapatkan perintah untuk melaksanakan salat lima waktu sehari semalam. 

Jika dijelaskan secara terpisah, Isra merupakan waktu keberangkatan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Yerussalem Palestina. Sedangkan Miraj merupakan waktu perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Baitul Maqdis ke Sidratul Muntaha (Langit ketujuh). Di langit ketujuh inilah, Nabi Muhammad berjumpa dengan Allah Swt juga menerima perintah untuk melaksanakan salat. 

Pada awalnya diminta untuk melakukan sebanyak 50 kali sehari, tetapi berhadapan dengan nasehat Nabi Musa, Nabi Muhammad mengajukan permohonan keringanan. Akhirnya, umat Islam, umat Nabi Muhammad mendapatkan keringanan yang dimaksud sangat besar dalam bentuk perintah melakukan salat semata-mata lima kali sehari. 

Demikian itu informasi untuk menjelaskan tanggal 8 Februari 2024 hari apa. Semoga bermanfaat. 

Kontributor : Mutaya Saroh

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button