Teknologi

Terkendala Geografis, Jaringan 4G XL Axiata Berhasil Jangkau 1.900 Desa di tempat Sulawei

Kertasleces.co.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) gencar mendirikan jaringan 4G hingga ke wilayah pelosok pedesaan dalam Pulau Sulawesi.

Kurun waktu dua thun terakhir telah dilakukan menambah lebih banyak dari 700 BTS 4G.

Hingga akhir 2023 lalu, ditopang dengan total lebih tinggi dari 9.800 BTS.

Termasuk lebih tinggi dari 6.400 BTS 4G, jaringan 4G XL Axiata telah lama menjangkau total lebih banyak dari 1.900 desa/kelurahan lalu 805 kecamatan pada 108 kota/kabupaten serta 6 provinsi.

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir, mengatakan, Sulawesi merupakan salah satu wilayah yang dimaksud sangat menantang bagi XL Axiata pada menyelenggarakan jaringan lalu layanan telekomunikasi juga data.

“Kami tetap saja berjuang keras terus menghadirkan layanan XL Axiata di area area yang digunakan terus meluas hingga desa-desa pelosok. Ada yang dimaksud dengan memperluas jaringan sendiri, ada pula yang digunakan dijangkau melalui satelit,” ucapannya pada keterangan resminya, Selasa (20/2/2024).

Logo XL Axiata. [Suara.com/Dythia Novianty]
Logo XL Axiata. [Suara.com/Dythia Novianty]

Marwan menambahkan, bagi XL Axiata konstruksi jaringan hingga ke pelosok-pelosok Sulawesi tiada cuma demi memperluas pasar.

Untuk meningkatkan kualitas jaringan, XL Axiata juga terus melakukan fiberisasi jaringan.

Hingga pada waktu ini, fiberisasi dalam Sulawesi sudah pernah mencapai lebih banyak dari 50 persen dari total BTS yang mana ada di dalam pulau tersebut.

Di seluruh Sulawesi, XL Axiata memiliki BTS 4G terbanyak di dalam Provinsi Sulawesi Selatan dengan jumlah keseluruhan lebih tinggi dari 5.400 unit.

Diikuti Sulawesi Tengah sebanyak sekitar 1.200 unit. Sulawesi Utara, lebih besar dari 1.100 unit.

Sulawesi Tenggara tambahan dari 1.000 unit, Sulawesi Barat lebih banyak dari 450 unit, kemudian Gorontalo lebih besar dari 450 unit.

Jumlah pelanggan XL Axiata dalam seluruh Sulawesi tambahan dari 2,4 Juta pelanggan, dengan pelanggan terbanyak di area Sulawesi Selatan sebanyak 1,4 Juta pelanggan.

Jumlah ini terbanyak kedua ada pada provinsi Sulawesi Tengah.

Caretaker Sulawesi Area XL Axiata, Mozes H. Baottong menambahkan, merancang jaringan di dalam Sulawesi bukanlah hal mudah.

BTS XL Axiata di area Pelabuhan Merak. [XL Axiata]
BTS XL Axiata. [XL Axiata]

Menurutnya, selain secara geografi berat, bergunung dan juga kepulauan, secara kegiatan bisnis menembus pangsa juga meraih kepercayaan penduduk dalam wilayah ini juga tiada ringan.

“Dalam dua tahun terakhir, kami sudah pernah berhasil meyakinkan pelanggan, yang dibuktikan dengan terus meningkatnya trafik data dalam seluruh Sulawesi hingga mendekati 30 persen,” katanya.

Mozes menambahkan, di dalam area Sulawesi, sekitar 70 persen pelanggan XL Axiata terlibat mengakses layanan berbasis streaming video.

Sekitar 20 persen pelanggan mengakses messenger lalu social media, sisanya dipergunakan untuk voice, video call kemudian layanan lainnya.

Selain itu, jaringan Fixed Mobile Convergence (FMC) milik XL Axiata dalam Sulawesi juga terus meluas hingga menjangkau lebih besar dari 322 ribu homes-passed (jumlah rumah, yang tersebut terjaring layanan XL SATU Fiber) di area Makassar, Palu, Manado, dan juga beberapa kota/kabupaten lainnya.

Related Articles

Back to top button