Bisnis

THR 100% Buat PNS Kapan Cair, Ini adalah Jadwalnya

Kertasleces.co.id – eksekutif memverifikasi akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) 100% terhadap para Pegawain Negeri Sipil (PNS) pada perayaan Idul Fitri 2024 ini.

Pemberian THR 100% ini sudah ada dipastikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani setelahnya mendapat perintah secara langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“THR-nya Bapak Presiden (Jokowi) menetapkan 100 persen. Berita baik ya,” kata Sri Mulyani usai mengunjungi Mandiri Investment Diskusi 2024 di area Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Lantas kapan pemberian THR 100% ini akan diberikan untuk PNS?

Seperti dengan tahun-tahun sebelumnya, pemerintah akan mulai mencairkan pemberian THR ini sejak H-10 sebelum lebaran. Dimana Menteri Keuangan akan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sebagai Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya.

Asal tahu hanya pemberian THR 100% untuk para abdi negara ini merupakan yang pertama kalinya sejak bukan diberikan pada tahun 2020 lalu dikarenakan pandemi Covid-19.

Selama 4 tahun yang disebutkan atau periode 2020-2023 pemberian THR tidak ada utuh dikarenakan tukin yang tersebut dibayarakan belaka separuhnya saja.

Jika THR PNS diberikan penuh, maka hitungannya akan sejenis dengan penghasilan take home pay (THP) yang digunakan diterima abdi negara setiap bulannya, yakni; pendapatan pokok plus tunjangan kinerja.

Berdasarkan keterangan yang dimaksud dikutipkan dari situs resmi Kementerian Keuangan, komponen THR pada tahun 2023 terdiri dari pembayaran sebesar upah pokok atau pensiunan pokok ditambah dengan tunjangan yang mana melekat, yaitu terdiri dari tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan juga tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum lainnya, juga 50 persen tunjangan kinerja per bulan bagi yang tersebut mendapatkan tunjangan kinerja.

Related Articles

Back to top button