Otomotif

Tips Aman Bawa Barang Bawaan ketika Naik Motor, Biar Tak Celaka

Kertasleces.co.id – Motor menjadi salah satu transportasi populer yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti pergi ke pasar, mengantar anak sekolah lalu lainnya. Namun seiring berjalannya waktu, motor juga bisa saja dipakai sebagai kendaraan yang tersebut bisa jadi mengakibatkan muatan.

Tak sedikit pemotor yang digunakan menghadirkan muatan berlebih ketika naik motor. Padahal hal yang dimaksud bisa saja membahayakan diri sendiri maupun pengendara lainnya.

Untuk itu, pemotor harus bijak ketika hendak mengakibatkan barang bawaan pada waktu naik motor agar tetap memperlihatkan aman dalam jalan. Berikut tips yang tersebut tepat menghadirkan barang bawaan agar masih aman dilansir dari Wahana Honda.

Potret motor dengan muatan ekstrem. (Instagram)
Potret motor dengan muatan ekstrem. (Instagram)

1. Hindari Barang atau Muatan Lebih Lebar dari Setang Motor

Penting untuk mematuhi peraturan yang mana melarang pengangkutan barang yang mana lebarnya melebihi setang motor. Pastikan barang bawaanmu tiada melintasi batas tersebut, agar tiada merugikan dirimu sendiri maupun pengendara lainnya.

2. Batasi Tinggi Barang di area Belakang

Menumpuk barang di dalam belakang motor diperbolehkan, namun pastikan tinggi barang tiada melebihi pundak pengendara. Ini adalah penting untuk menjaga keseimbangan kemudian kestabilan pada waktu berkendara dengan beban tambahan.

3. Gunakan Tali Karet untuk Keamanan

Agar barang bawaan tetap saja stabil, gunakan tali karet atau potongan ban pada bekas sebagai pengikat alternatif.

Hindari penyelenggaraan tali rafia lantaran dapat putus dan juga tidaklah aman, khususnya pada waktu perjalanan sangat jauh atau pada kondisi panas.

4. Manfaatkan Kelebihan Motor Matik

Jika menggunakan motor matik, pertimbangkan untuk menaruh barang bawaan pada depan. Motor matik mempunyai keunggulan di kemudahan pengendaraan lalu ruang tambahan yang dapat dimanfaatkan untuk menyebabkan barang tanpa mengganggu kendali setang.

5. Tas Obrok Sesuai Standar Diperbolehkan

Penggunaan tas obrok untuk menghadirkan barang dagangan atau keperluan lainnya diperbolehkan, asalkan tiada terlalu lebar. Pastikan tas yang dimaksud sesuai standar agar tiada mengganggu kenyamanan berkendara.

6. Gunakan Bagasi Tambahan

Motor keluaran 2015 ke melawan umumnya dilengkapi dengan bagasi yang mana cukup luas. Namun, apabila dirasa kurang, tambahkan bagasi pada belakang atau samping motor sesuai kebutuhanmu, tetapi pastikan bukan mengganggu fungsi lampu kemudian kenyamanan berkendara.

7. Pastikan Lampu Tidak Tertutup Barang Bawaan

Selalu periksa apakah barang bawaan menutupi lampu sein atau lampu lainnya di area motor. Menghindari hal ini adalah langkah mudah namun penting untuk keselamatan berkendara, juga pastikan agar lampu tetap memperlihatkan terlihat dengan jelas.

Dengan mematuhi tips ini, perjalanan dengan motor lalu barang bawaan dapat menjadi lebih tinggi aman, nyaman, kemudian terorganisir. Ingatlah untuk terus-menerus memperhatikan regulasi lalu lintas lalu keselamatan pribadi.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button