Bisnis

Tom Lembong Habis! Dirujak Para Menteri Jokowi Karena Klaim Beri Contekan

Kertasleces.co.id – Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong menjadi buah bibi akhir-akhir ini dikarenakan mengklaim telah terjadi memberikan contekan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) kala dirinya menjabat Menteri Perdagangan dan juga kepala BKPM kala itu.

Beri contekan ke Jokowi merupakan tanggapan Tom Lembong berhadapan dengan pernyataan Cawapres Gibran Rakabuming Raka kalau Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sangat mengandalkan catatan dari dirinya pada waktu menjawab pertanyaan pada Debat Cawapres2024.

Tom Lembong sendiri adalah Co-Captain Timnas AMIN alias Anies Baswedan dan juga Muhaimin Iskandar Calon Presiden juga Wakil Presiden Nomor Urut 1.

Usai memberikan tanggapan tersebut, Tom Lembong pada saat ini habis dirujak para Menteri Jokowi.

Potret Luhut Binsar Pandjaitan. (Instagram/ luhut.pandjaitan)
Potret Luhut Binsar Pandjaitan. (Instagram/ luhut.pandjaitan)

Yang paling baru adalah datang dari Menteri Koordinator Lingkup Kemaritiman juga Penanaman Modal (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan lalu Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Luhut mengomentari kinerja Tom Lembong ketika dirinya menjabat Menteri Perdagangan dan juga Kepala BKPM era Jokowi.

“Anda harus refleksi juga apa sih yang digunakan Anda lakukan sebagai Menteri Perdagangan, coba tanya dirimu,” kata Luhut di video yang mana diunggah di area akun Instagram pribadinya disitir pada Kamis (25/1/2024).

Luhut mengungkapkan bahwa kinerja Tom Lembong tak beres dikarenakan mewarisi pekerjaan rumah yang tersebut belum beres, salah satunya perihal online single submissions (OSS).

“Waktu Anda (Kepala) BKPM, apa yang digunakan anda lakukan? Anda kan ditugasi untuk online single submissions (OSS). Saya ingat betul itu bagaimana Anda curhat ke saya, tapi itulah, sampai Anda meninggalkan kabinet tak pernah selesai OSS,” kata Luhut.

Untuk itu Luhut pun meminta-minta agar Tom Lembong jangan ge’er akibat telah dilakukan memberikan contekan untuk Presiden Jokowi selama menjadi pembantu Presiden.

“Anda jangan ge’er juga bilang kasih note untuk ayahnya Mas Gibran (Jokowi), memang benar cuma Tom Lembong saja? Yang paling berbagai kasih note terhadap Pak Presiden (Jokowi) adalah Bu Menteri Luar Negeri Retno,” kata Luhut.

Menurut Luhut, tugas pribadi pembantu presiden memang benar seperti itu dimana selalu memberikan catatan terhadap kepala negara kala melakukan kunjungan bilateral.

“Apakah akibat Anda hebat melakukan itu? Tidak. Itu tugas Anda sebagai pembantu presiden, sebagai Menteri Perdagangan waktu itu dan juga sebagai Kepala BKPM,” ucap dia.

Menteri Pengembangan Usaha Bahlil Lahadalia sama-sama Prabowo-Gibran [Instagram @bahlillahadalia]
Menteri Pengembangan Usaha Bahlil Lahadalia sama-sama Prabowo-Gibran [Instagram @bahlillahadalia]

Sementara Bahlil mengaku pasang badan buat Gibran tentang pernyataan tentang Tesla masih menggunakan nikel.

“Saya ingin katakan tidaklah benar kalau ada mantan pejabat atau pemikir perekonomian atau siapa pun yang tersebut menyatakan bahwa nikel nggak lagi menajdi unsur yang dikejar-kejar oleh pemodal untuk menciptakan akumulator mobil,” kata Bahlil pada Kementerian Investasi, Ibukota pada Rabu (24/1/2024).

Bahlil pun secara tegas menyatakan bahwa masyarakat seharusnya memperkuat pemakaian nikel yang dimaksud menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia pada waktu ini, tidak justru memasarkan produk-produk seperti Lithium Ferro Phosphate atau LFP yang digunakan merupakan yang dimiliki asing.

Mantan Ketua HIPMI pun secara lantang mengingatkan jangan sampai isu ini justru dimanfaatkan asing.

“Yang ada dalam kita itu mangan coal serta nikel. Sekarang kita ingin fokus mengembangkan SDA kita atau memasarkan ke negara lain atau ada apa ini. Jangan sampai ada antek asing dalam bangsa ini ada antek antek asing merusak tantanan pada mempengaruhi kebijakan publik,” pungkas Bahlil.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button