Otomotif

Toyota Fortuner Gus Aab Diduga Alami Aquaplaning sebelum Terlibat Kecelakaan Maut

Kertasleces.co.id – Polisi menduga mobil Toyota Fortuner yang tersebut ditumpangi Abdullah Syamsul Arifin atau Gus Aab, Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nadhlatul Ulama, mengalami aquaplaning sebelum menabrak guard rail juga terperosok pada parit Tol Ngawi-Solo.

Dalam kecelakaan yang dimaksud terjadi Hari Senin pagi itu (29/1/2024), satu orang dinyatakan tewas pada tempat kemudian dua lainnya luka-luka.

“Saat kejadian, kondisi sedang hujan. Karena kurang hati-hati, Toyota Fortuner mengalami selip, sehingga oleng ke kiri, menabrak guard rail kemudian terpental masuk ke parit,” kata Kasi Humas Polres Ngawi Iptu Dian Ambarwati, dilansir dari Antara.

Aquaplaning

Aquaplaning adalah suatu kondisi ketika mobil kehilangan daya cengkeram sehingga kehilangan kendali ketika melintasi jalan yang digunakan digenangi air. Sering disebut juga dengan hydroplaning, kondisi ini bisa saja memicu kecelakaan yang dimaksud mematikan.

Dilansir dari laman resmi Suzuki, pemicu utama aquaplaning tidak ada semata-mata genangan air hujan, tapi juga mampu disebabkan oleh air kendaraan lain yang digunakan lewat. Ketika mobil menyeberangi jalan yang licin akibat berair, maka akan menjadi berbahaya apabila pengemudi tak berhati-hati.

Ban mobil akan sulit dikendalikan sehingga daya cengkramnya menurun. Apalagi apabila ban mobil yang dimaksud sudah ada tipis. Resiko mengalami hydroplaning pada waktu kondisi hujan akan lebih lanjut besar. Ban yang digunakan tipis tidaklah mampu lagi memecah genangan air. 

Faktor faktor lainnya adalah bobot mobil. Jika bobotnya semakin ringan, maka mobil akan mudah terangkat jikalau melintasi genangan air. Hal ini tentu akan membahayakan lantaran mobil tak bisa saja mengendalikan diri. 

Belum lagi apabila mobil melaju dengan kecepatan tinggi di dalam jalan berair, maka akan mudah melayang atau mengambang. Jika tiada sigap mengendarai mobil, maka akan terjungkal lalu terjadi kecelakaan.

Satu tewas

Adapun pada kecelakaan pagi tadi, ada satu korban tewas. Ia adalah Baidowi yang tersebut bekerja sebagai pengemudi. Tetapi pada waktu kecelakaan terjadi, demikian kata polisi, yang tersebut mengemudi adalah Hisyam Abdullah, putra Gus Aab.

Kini Gus Aab lalu Hisyam, yang digunakan mengalami luka-luka, dirawat di dalam RS Widodo, Ngawi.

Mobil yang dimaksud ditumpangi KH Abdullah Samsul Arifin atau Gus Aab mengalami kecelakaan tunggal di area Tol Solo-Ngawi kilometer 549-B pada Awal Minggu (29/1/2024) dini hari pada waktu perjalanan dari arah Surabaya menuju Solo untuk hadir di Harlah 101 NU di area Yogyakarta. 

Mobil Toyota Fortuner yang tersebut ditumpanginya itu hilang kendali kemudian terbalik masuk parit.

Insiden kecelakaan mobil Gus Aab yang dimaksud masih di penyelidikan kepolisian. Sementara, mobil Fortuner yang digunakan ringsek yang dimaksud sudah pernah berhasil dievakuasi petugas.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button