Bisnis

Untuk Mencapai Target Zero Fatality pada 2024, Antam Siap Perkuat K3

Kertasleces.co.id – PT Aneka Tambang Tbk (Antam), anggota PT Mineral Industri Indonesia (Persero) (MIND ID) – BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berusaha mencapai capaian zero fatality pada tahun 2024 melalui pelaksanaan komitmen Perusahaan di menerapkan prinsip K3 kemudian Keselamatan Operasi.

Sebelumnya, Antam telah dilakukan mencatatkan kinerja Keselamatan kemudian Kesejahteraan Kerja (K3) yang positif di tempat tahun 2023 melalui capaian zero fatality. 

Direktur Operasi kemudian Produksi Antam, Hartono menyatakan perusahaannya juga terus berupaya meningkatkan budaya K3 di area seluruh wilayah operasi agar mampu menciptakan kegiatan operasional yang mana aman, efisien serta produktif.

Antam juga terus meningkatkan budaya keselamatan melalui improving Human Capabilities pekerja dengan membentuk agen safety yang mana telah mempunyai sertifikasi Training of Trainer (TOT) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dalam setiap wilayah operasi.

Dengan TOT ini diharapkan, para agen safety yang disebutkan dapat memberikan pelatihan Basic Safety terhadap semua pekerja khususnya untuk kontraktor yang digunakan berada pada wilayah operasi Perusahaan.
“Antam menyadari keselamatan serta kemampuan fisik kerja merupakan faktor kunci untuk menjaga keberlangsungan operasi Perusahaan. Berbagai upaya dijalankan Organisasi di mengurus K3 sehingga menciptakan lingkungan kerja yang aman kemudian sehat bagi seluruh Insan Antam. Hal ini juga merupakan implementasi good mining practices lalu operation excellence di dalam Perusahaan. Sejalan dengan pelaksanaan Bulan K3 Nasional 2024, kegiatan kerja K3 dalam seluruh wilayah operasi, inline dengan target pencapaian zero fatality dalam tahun 2024 ini,” papar Hartono.

Dalam kompetisi bulan K3 tahun ini, Organisasi akan melakukan berbagai kegiatan untuk memperingati bulan K3 sesuai dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia nomor 244 tahun 2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan Bidang Kesehatan Kerja nasional Tahun 2024 serta Edaran Direktorat Jendral Mineral serta Batubara Kementerian ESDM Tentang Petunjuk Pelaksanaan Siklus K3 Nasional Pertambangan Tahun 2024.

Beberapa kegiatan peringatan keras Bulan K3 Tahun 2024 yang dilaksanakan Antam seperti apel Siklus K3, pemberian penghargaan keselamatan, pembentukan kelompok investigasi, sharing knowledge terkait K3, kampanye K3, pameran keselamatan pertambangan, perlombaan keselamatan, edukasi dan juga Pergerakan Warga Hidup Sehat. Pada peringatan serius Periode K3 dengan tema “Budayakan K3 Guna Baik dan juga Selamat di Bekerja”, Antam juga melakukan beberapa kegiatan seperti safety patrol, pengujian keselamatan operasi, pelaporan keselamatan secara online, pencegahan fatigue, pemutakhiran manajemen risiko lalu kegiatan terkait lainnya.

Antam juga mengembangkan aplikasi mobile keselamatan mobile digital SUPERSAFE yang dimaksud bertujuan untuk meningkatan kesadaran keselamatan mulai dari follow up unsafe act lalu unsafe condition sehingga dapat menghindari insiden lebih banyak tinggi.

“Melalui perangkat lunak ini pekerja juga mengisi Fit Declare sehingga dapat melakukan konfirmasi pekerja pada kondisi sehat sebelum mulai bekerja. Hal ini diadakan sebagai salah satu upaya Korporasi di menjalankan operation excellence dan juga implementasi K3 di dalam seluruh wilayah operasi Antam,” pungkas Hartono.
 

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button