Nasional

Warga Terbaring Lemas, Kebocoran Gas Pabrik Es pada Tangerang Ternyata Terjalin Saat Proses Ini adalah

Kertasleces.co.id – Kebocoran gas terjadi di area pabrik es pada Jalan KS Tubun, Karawaci, Daerah Perkotaan Tangerang, Selasa (6/2/2024) ternyata terjadi pada proses produksi. Penyebab kebocoran gas pabrik es itu diungkap Polres Metro Tangerang Kota.

Kapolrestro Tangerang Perkotaan Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, kebocoran gas amonia di dalam pabrik es itu diduga lantaran ada kebocoran pada pipa gas.

Berdasarkan penyelidikan sementara, Zain mengungkap kebocoran gas yang dimaksud terjadi pada waktu proses produksi.

“Ada pipa yang dimaksud terbuka, kemungkinan besar bocor pada waktu proses produksi,” kata Zain untuk wartawan, Selasa (5/2/2024).

Zain mengungkapkan, gas bocor dari pabrik es dalam Tangerang itu merupakan gas amonia yang tersebut digunakan untuk pembekuan es.

Menurutnya, gas amonia yang disebutkan sangat berbahaya jikalau terhirup warga tanpa menggunakan alat lengkap proteksi diri.

“Kandungan kimianya yang dimaksud paling kuat yakni Gas Amonia oleh sebab itu untuk pembekuan es agar tetap memperlihatkan dingin,” ungkap Zain.

Zain memaparkan, ketika ini pihaknya masih fokus melakukan penyisiran pada sekitar pabrik es agar tidaklah ada warga yang tersebut mendekati lokasi pabrik.

Zain sama-sama BPBD lalu Damkar Daerah Perkotaan Tangerang juga melakukan evakuasi warga yang dimaksud tinggal disekitar pabrik untuk antisipasi keracunan gas.

“Jangan sampai warga datangi lokasi, oleh sebab itu gas menyengat lalu berbahaya. Relokasi warga radius 100-200 meter, untuk antisipasi keracunan gas amonia,” tutur Zain.

Sementara itu, perihal korban yang mana keracunan gas amonia itu, Zain menyebut, ada 27 orang yang digunakan dilarikan ke rumah sakit.

Di antaranya yakni, 4 orang dirawat pada RS Sangiang, 16 orang pada RS Sari Asih Karawaci, 4 orang di area RS Ar-Rahman, serta RS Hermina ada 3 orang.

“Saat ini kita masih pemeriksaan dan juga fokus penanganan warga untuk dapat ditangani supaya mereka kembali sehat,” tutup Zain.

Kontributor : Wivy Hikmatullah

Related Articles

Back to top button