Otomotif

5 Penyebab Mobil Sulit Distarter, Tak semata-mata Tantangan Aki

Kertasleces.co.id – JAKARTA – Penyebab mobil sulit distarter cukup beragam. Identifikasi kesulitan ini penting diadakan agar penanganannya tak salah.

Biasanya jikalau mesin tak hidup, pemilik mobil berupaya melakukan pendorongan secara manual agar menyala. Namun, apabila hal ini diadakan terus menerus tentu akan memicu kecacatan komponen mobil. Oleh sebab itu, penting untuk merawat mobil agar kondisi starter dapat tetap memperlihatkan optimal.

Beberapa faktor umum mobil sulit distarter dalam antaranya aki lemah, kabel kendur, atau timbulnya kesulitan pada sistem starter. Untuk mengatasi kesulitan ini, pemilik kendaraan dapat mengakibatkan mobil ke bengkel.

Berikut lima penyulut mobil sulit distarter dilansir dari Auto2000, Awal Minggu (11/3/2024) :

1. Aki Lemah atau Rusak

Salah satu faktor paling umum mobil sulit distarter adalah aki yang dimaksud lemah atau rusak. Aki yang mana telah tua sanggup mengakibatkan kapasitasnya menurun. Hal ini membuatnya sulit untuk menyediakan arus yang cukup untuk memutar mesin starter.

Selain itu, korosi pada terminal aki juga dapat menjadi penyulut hambatan ini. Korosi menghalangi aliran listrik antara aki dan juga sistem starter, sehingga menghambat proses starter.

2. Kabel Kendur atau Putus

Kabel-kabel yang menghubungkan aki dengan sistem starter bisa jadi menjadi kendur atau bahkan putus akibat usia atau tekanan yang mana terlalu besar. Kabel yang digunakan kendur atau putus akan menghalangi aliran listrik yang dimaksud cukup untuk melakukan starter dengan baik.

Kondisi ini mampu terjadi pada kabel positif (yang menghubungkan aki dengan starter) maupun kabel negatif (yang menghubungkan aki dengan kerangka mobil). Pengecekan secara berkala terhadap keadaan kabel-kabel ini sangat penting untuk menghindari hambatan yang digunakan tidak ada diinginkan.

3. Solenoid Starter Rusak

Solenoid starter adalah komponen yang digunakan bertugas untuk meneruskan arus listrik dari aki ke motor starter ketika kunci kontak diputar. Jika solenoid starter mengalami kehancuran atau kegagalan, proses starter akan terganggu.

Gejala yang tersebut kerap terjadi yaitu bunyi klik-klik ketika kunci kontak diputar, tetapi mesin tidaklah berputar. Solenoid yang tersebut rusak sanggup disebabkan oleh usia, keausan, atau kotoran yang tersebut masuk ke dalamnya.

4. Sakelar Neutral atau Kedudukan Parkir

Sakelar neutral atau kedudukan parkir merupakan komponen yang digunakan memverifikasi mobil cuma dapat distarter ketika pada tempat netral atau parkir. Jika sakelar ini mengalami permasalahan atau rusak, mobil mungkin saja tidak ada akan bisa saja distarter meskipun kunci kontak sudah ada diputar.

Gejala umumnya adalah lampu indikator pada panel instrumen tidak ada menyala pada waktu kunci kontak diputar ke kedudukan starter. Pengecekan kemudian perbaikan sakelar ini perlu dijalankan untuk memverifikasi mobil dapat distarter dengan lancar.

5. Permasalahan pada Ignition Switch atau Kunci Pokok Kontak

Ignition switch atau kunci kontak adalah komponen yang dimaksud mengatur aliran listrik ke berbagai sistem mobil, termasuk sistem starter. Jika ignition switch mengalami masalah, seperti kontak yang dimaksud aus atau kendur, maka arus listrik mungkin saja bukan akan mencapai sistem starter dengan baik. Hal ini bisa saja menyebabkan mobil sulit distarter atau bahkan tidaklah menyala mirip sekali.

Related Articles

Back to top button